Now, Time:

Jumat, 22 Maret 2013

TAHAP-TAHAP SOSIALISASI

Pada hakikatnya, kita sebagai manusia pasti harus saling bersosialisasi atau berinteraksi antara satu sama lainnya. Karena, tidak mungkin ada manusia yang dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Maka itu, ber sosialisasi sangat diperlukan bagi kita semua. Untuk mengetahui lebih lanjut, bahwa sosialisasi merupakan suatu interaksi sosial atau komunikasi  yang terjadi antara satu orang dengan orang lain. Pada kali ini, saya akan coba menjelaskan secara singkat apa saja tahapan - tahapan sosialisasi. Berikut penjelasannya:

1) Tahap Persiapan (Preparatory Stage)
     Pada tahap ini, seorang manusia yang lahir di dunia yang menjadi anak dari orang tua mereka dilatih untuk mengenal keadaan yang terdapat di dunia. Pada tahap ini pula, seorang anak sudah mulai mencoba meniru peran orang dewasa atau peran yang dijalankan oleh orang tuanya meskipun belum sempurna.

2) Tahap Meniru (Play Stage)
     Dalam tahap meniru ini, seorang anak mulai melihat peran yang dijalankan oleh orang tuanya dan kemudian, ia meniru peran tersebut tetapi ia belum mengetahui maksud dan tujuannya. Mengapa ia meniru peran tersebut. Sebagai contoh seorang anak laki-laki meniru peran yang dijalankan oleh Bapaknya yaitu menyetir mobil.

3) Tahap Siap Bertindak (Game Stage)
     Tahap ini menjelaskan bahwa seorang anak yang meniru peran orang tuanya sudah mulai mengerti sedikit demi sedikit maksud, makna, serta tujuannya. Serta, ia sudah mulai mengurangi sedikit demi sedikit peran tersebut. Kemudian, seorang anak tersebut mulai bertindak pelan-pelan untuk siap menggantikan peran yang dijalankan oleh orang tuanya, dan dimainkan dengan penuh kesadaran.

4) Tahap Kedewasaan (Generalized Stage)
     Dalam tahap ini, seorang anak mulai tumbuh dewasa dan telah mampu meniru peran-peran tersebut dan menjalankannya dengan penuh kesadaran yang luas. Serta, mampu mengenal lebih luas kedudukan masyarakat setempat.

Pada tahap-tahapan diatas, pasti kita sebagai manusia pernah mengalaminya bukan? Coba anda ingat-ingat kembali. Bagaimana waktu anda kecil dulu? Apakah anda pernah meniru peran yang dijalankan oleh orang tua anda? Dan, secara tidak sadar anda pasti akan mengetahui lebih luas peran-peran yang dijalankan orang tua anda tersebut. Semoga pengetahuan anda dapat bertambah!!














1 komentar: